Gurindam Jiwa


Gurindam Jiwa


Selasa, 23 April 2013

Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat

Mesjid indah ini dibangun tepat pada Hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1249 H (1832 M) atas prakarsa YDM VII, raja Abdul Rahman (Marhum Kampung Bulang).

Mesjid ini panjangnya 19.8m, lebar 18m dan ditopang 4 buah tiang beton. Pada tiap penjuru dibangun menara tempat bilal menyeru azan. Selain menara, terdapat 13 buah kubah, ada yang empat persegi. Seluruh berjumlah 17 buah, sebanyak raka'at sembahyang wajib umat Islam sehari semalam. Di halamannya terdapat dua buah bangunan baru untuk bersantai pengunjung. Terdapa pula dua balai untuk hajatan.

Dibangun di kawasan yang sudah dibeton dan diratakan setinggi 7 hasta dari tanah. Dimana untuk mengisi kawasan ini dengan batu, tanah, dan menimbunya, dikerjakan secara gotong royong oleh seluruh penduduk Penyengat. Konon, untuk memperkuat beton dinding, menara, dan kubah dipakai putih telor, dan untuk mewarnai dinding beton dan kubah dipakai kuning telor. Bisa dibayangkan berapa butir telor yang dipakai?

Sebelum pintu masuk ruang utama, terdapat dua buah lemari yang isinya kitab-kitab dan naskah kuno terutama yang menyangkut agama Islam. Sebab memang buku ini merupakan koleksi perpustakaan kerajaan yang didirikan Raja Muhammad Yusuf AI Ahmadi, YDM-X Riau. Jumlahnya sekitar 500-an koleksi. Keunikan lain, begitu masuk ke ruang utama terdapat mushaf Alquran tulis tangan yang diletakkan dalam peti kaca. Berdasarkan catatan, ditulis oleh Abdurrahman Stambul, putra asli Riau yang dikirim Kerajaan Riau Lingga menuntut ilmu di Istambul, Turki, pada tahun 1867. Dan bila diperhatikan terdapat tulisan-tulisan kecil berbahasa melayu yang berisi terjemahan-terjemahannya. Ini menunjukkan pada saat itu orang Melayu sudah gemar membaca tafsir. Ada lagi yang menarik, yakni mimbarnya.
Terbuat dari kayu jati ukiran bermotif Jepara, Jawa Tengah. Diduga memang Raja Achmad sempat berkunjung ke Jepara untuk sebuah misi dagang. Selain itu masjid juga dilengkapi lampu gantung terbuat dari kristal kuno nan indah hinga mirip istana raja.


Video 

Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat
Tg.Pinang [P.BINTAN]
http://www.facebook.com/pages/TgPinang-PBINTAN/250911784931037

Tidak ada komentar:

Posting Komentar