Gurindam Jiwa


Gurindam Jiwa


Selasa, 23 April 2013

Masih P.Penyengat

gambar gerbang utama
Komplek bekas istana Marhum Kantor ini hampir sebesar lapangan sepakbola yang dikelilingi oleh tembok. Walaupun gedung utama sudah tinggal pondasi saja, namun sisa keindahannya masih bisa ditandai.

Pada tembok yang mengelilingi gedung, pada pintu-pintu bertangga dan di sekitar Gerbang Utama yang masih utuh, bisa tergambar dengan jelas kemegahan gedung itu dahulunya.

Profil kastil gaya Portugis, tempat peranginan, permandian puteri, masih bisa memiliki sekelumit daya terik bagi pengunjung.

Masa pemerinthan Raja Haji Marhum Kantor (YDM-VIII) sebagai masa pembangunan fisik terutama di Pulau Penyengat, seperti, menyempurnakan bangunan Mesjid Pulau Penyengat, membuat dermaga beton, dan mendirikan istananya yang megah.

 Sebuah bangunan kecil yang dalam keseluruhannya masih utuh adalah bekas gudang mesiu atau obat bedil. Terbuat dari beton dengan dinding setebal hasta, jendela kecil berteralis besi.

Lokasi dekat dengan Makam Marhum Kampung Bulang yang beberapa ratus meter di belakang Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat.

Menurut keterangan, dulu terdapat empat buah gudang mesiu di Pulau Penyengat, lainnya sudah musnah tinggal bekas-bekasnya saja.

Tg.Pinang [P.BINTAN]
http://www.facebook.com/pages/TgPinang-PBINTAN/250911784931037

Tidak ada komentar:

Posting Komentar