Gurindam Jiwa


Gurindam Jiwa


Kamis, 18 April 2013

Typhus ( Tipes or tipus )


Typhus ( Tipes or tipus )
===============

Pernahkah anda terkena Typhus? 

Dalam dunia kedokteran, penyakit typhus dikenal juga dengan nama thypus abdominallis. Typhus abdominallis merupakan penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Typhus merupakan salah satu bentuk salmonellosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi Salmonella. Inkubasi kuman penyebab typhus dapat terjadi melalui makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhosa. Kuman ini masuk melalui mulut terus ke lambung lalu ke usus halus. Di usus halus, bakteri ini memperbanyak diri lalu dilepaskan kedalam darah, akibatnya terjadi panas tinggi.

Penyakit typhus abdominallis sangat cepat penularanya yaitu melalui kontak dengan seseorang yang menderita penyakit typhus, kurangnya kebersihan pada minuman dan makanan, susu dan tempat susu yang kurang kebersihannya menjadi tempat untuk pembiakan bakteri salmonella, pembuangan kotoran yang tak memenuhi syarat dan kondisi saniter yang tidak sehat menjadi faktor terbesar dalam penyebaran penyakit typhus.

Gejala yang sering timbul pada penyakit typhus adalah :



- Demam dengan panas yang makin lama makin tinggi, gejala ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga selam 7-10 hari dan baru turun perlahan-lahan pada minggu keempat.
- Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas.
- Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang.
- Otot terasa nyeri
- Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare.
- Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
- Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
- Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.
- Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.

Gangguan pada alat-alat lain didalam tubuh adalah radang hati, radang tulang, radang persendian, serta gangguan kejiwaan. Paling berbahaya kalau terjadi kebocoran usus atau luka yang sebelumnya didahului pengeluaran darah dari lubang pelepasan. Kalau terjadi kebocoran usus maka harus dilakukan tindakan oprasi.

Untuk penderita typhus haruslah dirawat dengan baik agar panas yang tinggi dapat turun dengan cepat. Untuk pertolongan pertama menurunkan panas yaitu dengan kain basah yang dingin (memakai es). Berikanlah makanan yang mengandung banyak cairan dan bergizi seperti : sop, sari buah, dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Kalau panasnya masih tinggi berikanlah obat antibiotik atau tumbuh-tumbuhan obat yang mempunyai efek antipiretik.

Produk High Desert untuk tipus ( typhus )

Demam berdarah dan tipus harus dicegah dari dalam tubuh dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Pola hidup sehat dengan istirahat cukup , olah raga teratur dan pola makan seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sayangnya, asupan makanan yan didapatkan tubuh setiap hari sering kali tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi secara kualitas dan kuantitas, Kondisi seperti ini perlu dibantu dengan dukungan nutrisi dari luar tubuh.

- High Desert Bee Propolis
Bee propolis membantu mengatasi serangan bakteri / virus dalam tubuh yang merupakan sumber penyakit. Bee propolis dikenal juga sebagai Russian Penicilin yang merupakan antioksidan yang kuat, anti-mikroba, dan antibiotik alami yang dihasilkan oleh lebah. Bee Propolis tidak hanya baik dalam proses penyembuhan, namun juga dalam proses pencegahan karena membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Dengan kata lain bila tidak dilakukan pencegahan serta tubuh tidak dirawat banyak penyakit yang mengintai tubuh kita.

- Pollenergy 520
Bee pollen yang juga dikenal sebagai makanan sempurna dari alam, mengandung lebih dari 200 jenis nutrisi yang penting bagi tubuh. Dari karbohidrat,protein, asam amino, enzim, hingga beragan vitamin dan mineral. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, HD Pollenergy 520 dapat meningkatkan performa, dan stamina tubuh semasa sakit, sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

- Clover Honey
Typhus tidak bisa dilepaskan dari kesehatan pencernaan, madu menjadi nutrisi penting bagi kesehatan pencernaan. Clover honey kaya akan kandungan protein, asam amino, enzim, vitamin, mineral serta antioksidan seperti vitamin C, Flavanonoid, alkaloid, dan kaya akan kandungan enzim. Penelitian membuktikan bahwa didalam madu terdapat bakteri baik yang berguna untuk pencernaan (6 spesies lactobacilli dan 4 species bifidobacteria). Clover honey mampu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mampu menghambat bakteri merugikan seperti Helicobacter pylori, salmonella, dsb.

Semoga Bermanfaat.

Tg.Pinang [P.BINTAN]

https://www.facebook.com/pages/TgPinang-PBINTAN/250911784931037

Tidak ada komentar:

Posting Komentar